Home » » TURUNNYA SURAT ADH DHUHA

TURUNNYA SURAT ADH DHUHA

#OneDayOneSirah *12 April 2015

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullaahi Wa Barakaatuh

Semoga di hari yg indah, cerah dan penuh berkah, Allaah berikan keberkahan, kebahagiaan, kemudahan, kelancaran, perlindungan, kasih sayang dan ridho-NYA pada kita semua...aamiiin Ya Sami'ul Aliim

Hari ini kita akan membahas tentang Surat Adh dhuha

TURUNNYA SURAT ADH DHUHA

Tiba-tiba, wahyu itu turun, "Demi waktu Dhuha (ketika matahari naik sepenggalah), dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) mmbencimu, dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan. Dan sungguh kelak Tuhamnu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu sehingga engkau menjadi puas. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu). Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk. Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan. Maka terhadap anak yatim, janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau menghardik(nya). Dam terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)." (QS Adh Dhuha, 93:1-11)

Saudara-saudariku, rasa cemas dan takut di hati Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassalaam kini hilang sudah. Betapa damainya firman Allaah itu terasa di hati beliau. Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam harus menjauhi setiap perbuatan mungkar mengajak pada kebaikan. Beliau harus mengajak orang mengingat Allah. Beliau harus tabah menghadapi gangguan, tidak boleh menolak orang yang meminta bantuan, dan berlaku lembut kepada anak yatim.

Allaah juga mengingatkan bahwa dulu Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam yatim lalu Allah melindunginta lewat asuhan kakeknta, Abdul Muthalib, dan pamannya, Abu Thalib. Dulu, Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam hidup miskin lalu Allah memberinya kekayaan. Allaah pula yang telah menyandingkan beliau dengan Bunda Khadijah, yang menjadi kawab semasa muda, yang menyiapkan semua kebutuhan ketika beliau bertahannuts, kawan semasa kerasulan, kawan yang penuh cinta kasih, yang memberi nasihar dengan rasa kasih sayang. Allah telah mendapati Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallam tidak tahu jalan, lalu diberi-NYA beliay petunjuk kenabian. Cukuplah semua itu. Hendaklah mulai sekarang, Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam mengajak orang kepada kebenaran, sedapat mungkin, sekuat mungkin.

Saudara-saudariku, lalu Allaah mengajarkan Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam ibadah yang pertama. Tahukah teman teman ibadah apakah itu ?

In syaa Allaah akan kita cari tahu di kisah Sirah Nabawiyah selanjutnya...

Informasi tambahan:

Asbabun Nuzul

Asbabun Nuzul berarti sebab-sebab turunnya ayat-ayat Al-Qur'an. Contohnya Surah Al Lahab karena perlakuan buruk Abu Lahab kepada Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam dan kaum muslimib, maka turunlah surat Al Lahab.

Demikian kisah Sirah Nabawiyah hari ini, semoga kita semua dapat mengambil pelajaran, ibroh dan manfaatnya.

Kisah Sirah Nabawiyah ini diambil dari buku "Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam Teladanku" jilid 3 halaman 22-23.

#MuhammadTeladanku
#Mute
#ODOS
#Kisah
#SirahNabawiyah
#SpiritNabawiyahCommunity
#SNC2015

Allaahumma shalli 'ala Muhammad
Wa 'ala aali Muhammad


Barakallaahu fiikum😊

0 komentar:

Posting Komentar

Support : Link Anda | Link Andah | Link Anda
Copyright © 2013. Muhammad Teladanku - All Rights Reserved
Galaxy Propertindo Design by Indo Web Online
Proudly powered by Blogger