Home » » SEKILAS RANGKUMAN KISAH MUHAMMAD SAW

SEKILAS RANGKUMAN KISAH MUHAMMAD SAW

#OneDayOneSirah * 28 Maret 2015

Assalaamu'alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

Di Hari yang penuh keberkahan ini, semoga saudara-saudariku semua diberikan kesehatan, dan dapat beraktifitas dengan baik, semoga semua aktifitasnya dimudahkan dan dilancarkan Allaah, diluaskan dan dilapangkan rezekinya, semoga keberkahan, rahmat dan keridhoan Allaah selalu bersama saudara-saudariku semua, dan dijadikan kita orang-orang yang bersyukur... aamiiin Ya Ghaniyyun Kariim

SEKILAS RANGKUMAN KISAH MUHAMMAD SAW (REVIEW)

BismillaahirRahmaanirRahiim

Sewaktu Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam kecil terjadi peristiwa yang dikenang hingga akhirnya Beliau ceritakan kembali kepada para sahabatnya yaitu peristiwa pembelahan dada oleh dua malaikat.

Setelah kembali kepada keluarga, Muhammad kecil di asuh oleh Ibundanya Aminah. Saat diasuh oleh ibundanya, Muhammad diajak untuk mengunjungi keluarga ibundanya di Yatsrib (Madinah) selain itu juga untuk berziarah ke makam ayahnya Abdullah. Ketika pulang dari Yatsrib, ibundanya jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia.

Setelah menjadi yatim piatu, Muhammad kecil diasuh oleh Kakeknya Abdul Muthalib. Abdul Muthalib sangat sayang kepada Muhammad, dan tidak berapa lama, kakeknya pun meninggal. Kemudian Muhammad diasuh oleh pamannya yang bernama Abu Thalib.

Saat di asuh Abu Thalib, Muhammad menjadi penggembala dan mengikuti pamannya berdagang. Saat mengikuti pamannya berdagang ke Syam, Muhammad bertemu dengan pendeta Nasrani bernama Buhaira yang menasehati Abu Thalib agar segera membawa pergi Muhammad kembali ke Mekah, karena orang-orang Yahudi sedang mencarinya, dan jika bertemu mereka akan membunuhnya. Akhirnya Abu Thalib kembali ke Mekah secepatnya membawa Muhammad.

Perang pertama yang diikuti Muhammad yaitu Perang Fijar. Perang tersebut berakhir dengan adanya perjanjian yang dikenal dengan nama Hilful Fudhul. Yaitu perjanjian yang bertujuan untuk melindungi hak-hak para pedagang asing yang seringkali terzalimi.

Pada saat remaja, Muhammad melewatinya dengan menggembalakan kambing. Dan saat menggembalakan kambing itulah beliau sering berpikir tentang alam semesta, dan sebagainya. Allaah sangat menjaga Rasulullaah dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

Di Mekah banyak saudagar kaya, salah satunya adalah Khadijah binti Khuwailid. Muhammad memimpin khafilah dagangnya Khadijah dan membawa keuntungan yang berkali lipat. Khadijah dibuat kagum dengan sifat dan akhlak Muhammad. Dan akhirnya Muhammad menikah dengan Khadijah. Pernikahan Muhammad dan Khadijah mendapatkan 6 orang anak, 2 laki-laki dan 4 orang perempuan, yaitu Qasim, Abdullah (yang wafat ketika masih kecil), Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum dan Fatimah.

Khadijah mempunyai budak yang bernama Zaid bin Haritsah, yang akhirnya dibebaskan dan diangkat anak oleh Muhammad. 

Putri Rasulullaah Shallallaahu 'Alaihi Wassalaam yang bernama Zainab menikah dengan sepupunya Abu Al Ash dan mendapatkan satu orang putra bernama Ali dan seorang putri bernama Umamah. Sedangkan Ruqayyah menikah dengan Utbah dan Ummu Kultsum menikah dengan Utaibah yang akhirnya mereka diceraikan oleh suami-suaminya. Ruqayyah akhirnya dinikahkan oleh Rasulullaah Shallallaahu 'Alaihi Wassallam dengan Utsman bin Affan. Dan setelah Ruqayyah meninggal, Rasulullaah menikahkan Ummu Kultsum dengan Utsman bin Affan. Dan Ummu Kultsum pun tidak lama kemudian meninggal. Ruqayyah dan Ummu Kultsum wafat tanpa meninggalkan keturunan.

Demikian kisah rangkuman Sirah Nabawiyah dari buku "Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassalaam Teladanku" jilid 2 hari ini, semoga bermanfaat dan dapat mengambil pelajaran dan hikmahnya... aamiin

#MuhammadTeladanku
#Mute
#ODOS
#Kisah
#SirahNabawiyah
#SpiritNabawiyahCommunity
#SNC2015

Allaahumma Shalli 'ala Muhammad

0 komentar:

Posting Komentar

Support : Link Anda | Link Andah | Link Anda
Copyright © 2013. Muhammad Teladanku - All Rights Reserved
Galaxy Propertindo Design by Indo Web Online
Proudly powered by Blogger