Home » » Keislaman Abu Bakar

Keislaman Abu Bakar

#OneDayOneSirah * 15 April 2015

Assalaamu'alaikum Wa Rahmatullaahi Wa Barakaatuh...

Semoga saudara-saudariku semua selalu diberikan nikmat iman, sehat, diluaskan dan dilapangkan rezekinya, diberikan kemudahan dan kelancaran dalam setiap urusan dan selalu bersyukur serta semoga Allaah selalu memberikan keberkahan, rahmat dan ridho-NYA pada kita semua...aamiiin Ya RahmanurRahiim

BismillaahirRahmaanirRahiim

Keislaman Abu Bakar

Abu Bakar bin Abu Quhafa dari kabilah Bani Taim adalah teman akrab Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam sejak zaman sebelum Islam. Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam amqt menyukai sahabatnya itu karena Abu Bakar adalah orang yang bersih, jujur dan dapat dipercaya.

Suatu hari, Abu Bakar mendengar desas-desus tentang Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam. Beliau segera keluar mencari sahabatnya itu. Ketika mereka bertemu, Abu Bakar bertanya kepada Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam, "Wahai Abu Qasim (salah satu panggilan Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam), ada apa denganmu? Kini engkau tidak lagi terlihat di majelis kaummu dan kudengar orang-orang mnuduh bahwa engkau telah berkata buruk tentang nenek moyangmu dan masih banyak lagi yang mereka katakan."

"Sesungguhnya, aku adalah utusan Allah," sabda Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam, "Allah mengutusku untuk menyampaikan risalah-Nya. Sekarang, aku mengajak kamu kepada agama Allah dengan keyakinan yang benar. Demi Allah, sesungguhnya, apa yang kusampaikan adalah kebenaran. Wahai Abu Bakar, aku mengajak kamu untuj menyembah Allah Yang Maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-NYA, dan janganlah menyembah kepada selain-NYA, dan untuk selamanya kamu taat kepada-NYA."

Saudara-saudariku, Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam memperdengarkan beberapa ayat Al-Qur'an. Selesai Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam bicara, Abu Bakar langsung memeluk Islam. Melihat keislaman sahabatnya itu, Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam amat gembira. Tidak seorang pun yang ada di antara dua gunung di Mekah yang kegembiraannya melebihi kegembiraan Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam saat itu.

Abu Bakar segera mengumumkan keislamannya itu kepada teman-temannya. Beliau juga mengajak mereka mengikuti Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam. Dalam waktu singkat, Utsman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, dan Sa'ad bin Abu Waqash pun menemui Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam dan masuk Islam.

Bagaimana kisah Utsman bin Affan masuk Islam?

Informasi tambahan:

Abu Bakar yang Tidak Pernah Ragu

Salah satu kelebihan utama Abu Bakar adalah beliau tidak pernah ragu atas apa yang dikatakan Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam. Suatu ketika, Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam mendengar Abu Bakar dan Umar berselisih pendapat. Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam berkata kepada Umar, 'Sesungguhnya, ketika Allah mengutus aku kepadamu, kamu berkata kepadaku, 'Engkau berdusta.' Tetapi Abu Bakar berkata, ' Engkau berkata benar.' Dia juga telah menolong aku dengan jiwa dan hartanya. Sekarang, apakah kamu akan menyakiti sahabatku ini? Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam mengucapkan itu dua kalu dan sejak itu, tidak seorang pun berani menyakiti Abu Bakar.

Demikian kisah Sirah Nabawiyah hari ini semoga kita semua dapat mngambil pelajaran dan hikmahnya.

Kisah Sirah Nabawiyah ini disadur dari buku "Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam Teladanku" jilid 3 halaman 26-27

#MuhammadTeladanku
#Mute
#ODOS
#Kisah
#SirahNabawiyah
#SpiritNabawiyahCommunity
#SNC2015

Allaahumma shalli 'ala Muhammad
Wa 'ala aali Muhammad

Barakallaahu fiikum 😊

0 komentar:

Posting Komentar

Support : Link Anda | Link Andah | Link Anda
Copyright © 2013. Muhammad Teladanku - All Rights Reserved
Galaxy Propertindo Design by Indo Web Online
Proudly powered by Blogger