Home » » Rumah Tangga Nabi Muhammad SAW

Rumah Tangga Nabi Muhammad SAW

#OneDayOneSirah * 24 Maret 2015

Assalaamu'alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

Semoga kita semua selalu mendapatkan keberkahan, perlindungan, kasih sayang, rahmat dan ridho Allaah dan bertambah iman, ilmu dan amal... aamiiin Allaahumma aamiiin

BismillaahirRahmaanirRahiim

RUMAH TANGGA MUHAMMAD

Saudaraku, Muhammad selalu membuat suasana rumahnya menjadi hidup dengan canda dan keramahan. Beliau suka berkelakar kepada siapa pun. Bukan hanya kepada istri dan putri-putrinya, beliau juga amat ramah kepada pembantunya.

Anas bin Malik adalah pembantu rumah tangga Muhammad setelah beliau diangkat menjadi Rasulullah dan hijrah ke Madinah. Dia pernah ikut keluarga Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wassallam selama dua belas tahun. Dengarlah yang Anas katakan, "Saya melayani Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam sejak saya berusia delapan tahun. Selama dua belas tahun, beliau belum pernah memarahi saya satu kali pun walau saya melakukan kesalahan."

Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallam paling suka makan sambil duduk bersila di lantai," kata Anas bin Malik lagi. "Beliau paling suka makan bersama. Beliau pernah berkata, 'Sungguh malang orang yang makan sendirian."

Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam gemar makan daging, tetapi beliau lebih sering menyantap kurma dan minum susu. Jika ada yang menyuguhinya semangkuk susu, beliau akan berkata, 'Allah memberi rahmat pada susu. Mudah-mudahan masih ada lagi.'"

Saudaraku, sejak muda, Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam amat gemar memakai parfum. Bau wewangian itu akan membuat orang-orang di sekitarnya merasa senang. Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam tidak menyukai baju berwarna merah. Beliau lebih suka baju berwarna lurik atau putih. Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallam juga gemar memakai serban dengan salah satu ujungnya menggelantung di antara pundak. Beliau tidak pernah menggunakan baju yang seluruhnya terbuat dari sutra.

Saudaraku, kemudian datanglah satu orang yang amat Muhammad sayangi. Begitu sayangnya sampai beliau mengangkatnya sebagai anak. Siapakah orang yang beruntung itu ?

in Syaa Allaah akan kita cari tahu esok hari...

Demikian kisah Sirah Nabawiyah hari ini, semoga membawa manfaat, dan mendapatkan ibrohnya.. aamiiin

Informasi tambahan:

Siwak

Rasulullaahu Shalallaahu 'Alaihi Wassallam amat bersih. Beliau sangat sering berwudhu. Pakaiannya juga tidak pernah kotor. Beliau selalu membawa siwak kemana-mana. Siwak adalah batang semak gurun sebesar pensil. Siwak digunakan untuk membersihkan gigi. "Kalau saya tidak ingin nanti memberatkan umat, saya akan mewajibkan kegiatan membersihkan gigi," sabda Rasulullaah Shalallaahu 'Alaihi Wassallaam kemudian.

Kisah Sirah Nabawiyah ini diambil dari buku "Muhammad Shalallaahu 'Alaihi Wassalaam Teladanku" jilid 2 halaman 63

#MuhammadTeladanku
#Mute
#ODOS
#Kisah
#SirahNabawiyah
#SpiritNabawiyahCommunity
#SNC2015

Allaahumma shalli 'ala Muhammad
Wa 'ala aali Muhammad


0 komentar:

Posting Komentar

Support : Link Anda | Link Andah | Link Anda
Copyright © 2013. Muhammad Teladanku - All Rights Reserved
Galaxy Propertindo Design by Indo Web Online
Proudly powered by Blogger